Share This !!!

Kamis, 24 Juni 2010

Faktor-faktor Kegagalan Belajar


Kesulitan Belajar Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, kita dihadapkan dengan sejumlah karakterisktik siswa yang beraneka ragam. Ada siswa yang dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, namun di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang justru dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan. Kesulitan belajar siswa ditunjukkan oleh adanya hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, dan dapat bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis, sehingga pada akhirnya dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah semestinya.

Siswa yang mengalami kesulitan belajar seperti tergolong dalam pengertian di atas akan tampak dari berbagai gejala yang dimanifestasikan dalam perilakunya, baik aspek psikomotorik, kognitif, konatif maupun afektif . Beberapa perilaku yang merupakan manifestasi gejala kesulitan belajar, antara lain :
1. Menunjukkan hasil belajar yang rendah di bawah rata-rata nilai yang dicapai oleh kelompoknya atau di bawah potensi yang dimilikinya.
2. Hasil yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang telah dilakukan. Mungkin ada siswa yang sudah berusaha giat belajar, tapi nilai yang diperolehnya selalu rendah
3. Lambat dalam melakukan tugas-tugas kegiatan belajarnya dan selalu tertinggal dari kawan-kawannya dari waktu yang disediakan.
4. Menunjukkan sikap-sikap yang tidak wajar, seperti: acuh tak acuh, menentang, berpura-pura, dusta dan sebagainya.
5. Menunjukkan perilaku yang berkelainan, seperti membolos, datang terlambat, tidak mengerjakan pekerjaan rumah, mengganggu di dalam atau pun di luar kelas, tidak mau mencatat pelajaran, tidak teratur dalam kegiatan belajar, dan sebagainya.
6. Menunjukkan gejala emosional yang kurang wajar, seperti : pemurung, mudah tersinggung, pemarah, tidak atau kurang gembira dalam menghadapi situasi tertentu. Misalnya dalam menghadapi nilai rendah, tidak menunjukkan perasaan sedih atau menyesal, dan sebagainya.

Untuk dapat menetapkan gejala kesulitan belajar dan menandai siswa yang mengalami kesulitan belajar, maka diperlukan kriteria sebagai batas atau patokan, sehingga dengan kriteria ini dapat ditetapkan batas dimana siswa dapat diperkirakan mengalami kesulitan belajar.


--------------------------------------------------------------------------------------------------

Learning difficulties in learning activities at school, we are faced with a number of characteristics of diverse students. There are students who can take his learning activities smoothly and successfully without difficulty, but on the other hand, not a few students who actually experience various difficulties in learning. Students' learning difficulties indicated by the presence of certain barriers to achieve learning outcomes, and can be psychological, sociological, or physiological, which in turn can lead to academic achievement has achieved under proper.

Students who have learning difficulties such as pertained in the sense of the above would seem from the various symptoms manifested in their behavior, both aspects of psychomotor, cognitive, conative and affective. Some behaviors are a manifestation of symptoms of learning disabilities, among others:
1. Study showed that low below the average value achieved by the group or below its potential.
2. The results obtained are not commensurate with the efforts made. Perhaps there are students who are already trying to learn everything, but the value obtained is always lower
3. Slow in performing tasks and learning activities are always lagging behind his friends from the time allowed.
4. Indicate attitudes that are not fair, such as: indifference, opposition, pretend, lie, and so forth.
5. Showed behavioral disabilities, such as truancy, coming late, no homework, interfere in or even outside the classroom, refusing to record the lessons, not regularly in learning activities, and so forth.
6. Showing the emotional symptoms less reasonable, like: moody, irritable, angry, no or less cheerful in the face of certain situations. For example in dealing with low value, do not show feelings of sadness or regret, and so forth.

To be able to set a mark symptoms of learning difficulties and students who have learning difficulties, then the required criteria as a limit or standard, so that these criteria can be set to limit where students can be expected to have learning difficulties.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar